Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis SMS Gateway

Unknown
By -
0

Saatiniduniatelekomunikasiberkembangcepat.Salah satunyadalahpekembangandariteleponseluler.Dulufungsidariponselitusendirihanyauntukmenelepon, SMS dan MMS, tapisekarangdapatjugauntukmengirim email dan browsing internet. Walaupunfitur-fitur di setiapponselterusberkembangtetapimasyarakatmasihmenyukaifitur SMS, disampingpengoperasiannyamudah, biaya yang dikenakan pun murah.
Fitur SMS inimasihbanyak yang bisadikembangkanuntukkepentingandalamduniabisnisuntukmeningkatkankualitasusahanya.
Tetapimasihadabebrapakendala yang munculyaitubelumadanyasisteminformasiuntukmengetahuijadwalkosongdanuntukmenyewalapangan.Makadariituuntukmemudahkan member sertapihak GOR, dalampenelitianiniakanmembuatAplikasiPenyewaanLapangan Futsal Berbasis SMS Gateway.
Dalam aplikasi ini terdapat 3 aktor , yaitu :
1.    Admin
Supplier yang mengoperasikansistemnya, diantaranya membalas sms user,menginputkan data penyewa,datalapangan, data jadwal lapangan, sertamembuatlaporan-laporandan admin bisamengaksessistemsecarakeseluruhan.
2.    Kasir
Supplier yang mengoperasikansistemnya, hanyabagiantransaksipembayaransaja . Admin akan menyerahkan data penyewaan ke cashier lalu akan di proses oleh cashier dan akan menjadi sebuah nota pembayaran yang akan diberikan kepada user/penyewa
3.    Penyewa
User adalah orang yang akan menyewa lapangan serta mengrimkan format sms kepada admin yang nantinya akan di proses oleh admin.

Berikutinifungsiaktor yang telah di terapkandalamUse Case Diagram :
Selanjutnyauntukmelihatkelas-kelas yang terdapatdalam system danhubunganantarakelas yang satudengan yang lainnyasertastruktur data danaksidarikelas-kelastersebutdapatdilihatpadaDiagram Classberikutini:
Selanjutnya adalah Activity Diagram, terdapat 4 contoh Activity Diagram yg saya bahas :



Setelahituuntukmenggambarkaninteraksiantarobjek di dalam system dapat digambarkandalamDiagram Sequencesebagaiberikut :



Padatahapiniakandigambarkan model perilaku yang dinamisdari class secara individual maupunbeberapabentukdariobyekdenganStatechart Diagram. Dimanastatechartinimenunjukkanderetandari state yang dilakukanobyekmelalui event yang menyebabkansebuahtransisidarisatuaktivitaskeaktifitas yang lain, danbeberapaaksi yang berubah. Berikut contoh Statechart Diagram :


Oleh: Dimitri Oktaviana Gunadi - STMIK Sumedang










Post a Comment

0Comments

Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.

Post a Comment (0)