Kelas : TI VI-B
STMIK SUMEDANG
- Deskripsi
Food Court adalah
suatu daerah yang
berdekatan atau dikelilingi dengan
berbagai konter berjualan
makanan, dengan berbagai macam pilihan makanan dan minuman yang
beranekaragam. Sistem pembayaran di beberapa Food Court umumnya masih secara tunai, disini penulis
akan mencoba merancang Top Up Card
untuk pembayaran di Food Court. Sistem pembayaran Top Up Card yaitu sistem pembayaran yang
berbasis isi saldo dan tidak usah menggunakan uang tunai dalam transaksi
pembayarannya.
- Prosedur
Prosedur yang berjalan sistem pembayaran food court menggunakan uang
tunai adalah sebagai berikut:
1.
Konsumen memesan
makanan atau minuman kepada penjaga konter makanan,
2.
Kemudian penjaga
konter makanan menuliskan pesanan konsumen pada nota dan memberikan nota
tersebut kepada konsumen,
3.
Lalu konsumen
melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang tunai di kasir.
Sebenarnya proses
transaksi pembayaran yang berjalan di Food
Court seperti ini sudah berjalan cukup baik, hanya masih sering terdapat
beberapa kekurangan, yaitu ketidaktepatan kasir dalam memberi uang kembalian
kepada konsumen yang sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi, dan menimbulkan
antrian yang cukup panjang ketika konsumen sedang penuh. Pada sistem pembayaran
dengan uang tunai, konsumen harus selalu membawa uang tunai untuk bertransaksi
di Food Court, sedangkan untuk
perancangan sistem pembayaran Food Court
menggunakan Top Up Card ini, konsumen
tidak harus selalu membawa uang tunai untuk bertransaksi.
- Entitas
1. Kasir
Top Up Card
yaitu kasir yang berperan
dalam pembuatan Top
Up Card, pengecekan
saldo konsumen, menambahkan saldo sesuai pesanan konsumen, dan menguangkan
kembali saldo konsumen (redeem saldo)
2. Kasir
yaitu kasir yang menginputkan pesanan konsumen, menjumlahkan total bayar
pesanan konsumen dan mengurangi saldo konsumen sesuai total bayar jumlah
pesanan dengan cara menyorotkan Top Up Card
ke mesin Card Reader.
3.
Petugas
Konter Makanan yaitu orang yang mencatat pesanan konsumen di nota
4. Konsumen yaitu orang yang melakukan transaksi di Food Court.
- Tabel Keputusan
Berikut Tabel Input Proses Output (IPO)
dari Perancangan Pembayaran Food Court Menggunakan Top Up Card.
- Diagram Konteks
Dengan
pembuatan suatu diagram konteks dari aplikasi, struktur pendekatan ini
menggambarkan sistem secara garis besar yang kemudian akan dipecah menjadi
bagian-bagian lebih rinci.
Gambar berikut
ini adalah konteks dari perancangan pembayaran food court menggunakan top up
card.
- DFD
Pada
proses level-0 terdiri dari beberapa proses yaitu pengcekan saldo, pengisian
saldo, pencatatan pesanan, penjumlahan pesanan (pembayaran). Pada level-0,
proses-proses diatas dikelompokan menjadi 4 (empat).
Ke-empat proses diatas dapat
digambarkan sebagai berikut:
- Struktur Menu
- Diagram UML
Penjelasan dari use case diagram diatas adalah sebagai
berikut:
Kasir Top Up Card login terlebih dahulu ke form pembuatan Top Up Card dengan memasukkan username dan password yang valid, setelah
itu kasir Top Up Card
melakukan pengecekan saldo konsumen, apabila konsumen
ingin menambahkan saldo, maka kasir Top Up Card akan menambahkan saldo sesuai yang diinginkan dan telah dibayar oleh
konsumen, setelah Top Up Card terisi saldo maka kasir Top Up Card akan melakukan pengecekkan kembali saldo konsumen.
Konsumen yang belum memiliki Top
Up Card mendaftar terlebih dahulu kepada kasir Top
Up Card, untuk yang sudah memiliki Top
Up Card maka hanya tinggal mengisi saldo di
kasir Top Up Card. Kemudian
konsumen memesan menu dan petugas konter makanan mencatat pesanan konsumen di
nota yang kemudian akan diberikan kepada kasir oleh konsumen untuk melakukan
transaksi pembayaran.
Kasir akan menginputkan pesanan konsumen sesuai dengan
yang tertera di nota, setelah itu, kasir akan menjumlahkan total bayar pesanan.
Konsu men memberikan Top Up Card nya kepada kasir untuk transaksi, kasir akan mengurangi saldo yang ada di
dalam Top Up Card
konsumen untuk melunasi total bayar pesanan. Setelah saldo
dikurangi, kasir akan mengecek ulang saldo konsumen.
Kemudian kasir mencetak bukti transaksi pembayaran yang
nantinya akan diberikan kepada petugas konter makanan oleh konsumen untuk
mengambil pesanan. Petugas konter makanan mencocokkan bukti transaksi
pembayaran dengan nota pesanan, apabila cocok, maka petugas konter makanan akan
memberikan pesanan konsumen.
2. Class Diagram
3. Activity Diagram
4. Sequence Diagram
5. Statechart Diagram
Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.