1.1 Latar Belakang Masalah
Saat ini teknologi informasi semakin berkembang, kebutuhan
terhadap teknologi informasi-pun semakin besar, mulai dari anak sekolah hingga
orang dewasa banyak yang menggunakannya, karena dengan teknologi informasi pekerjaan yang
dilakukan akan lebih mudah dan cepat.
Dulu biasanya informasi hanya bisa
didapat dari koran dan televisi saja, tetapi sekarang sudah sangat banyak
sumber informasi dari berbagai macam teknologi, contohnya internet disana
informasi apapun bisa kita dapatkan, bahkan untuk saat ini koran sudah canggih yaitu
menjadi koran elektronik yang tampilannya lebih menarik dan dapat diakses lewat
handphone.
Teknologi informasi banyak diterapkan di berbagai
bidang mulai bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemerintahan dan lain
sebagainya. Sebagai contoh dibidang pendidikan dapat mempermudah siswa dalam
mencari informasi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Untuk bidang
kesehatan misalnya dapat mengikuti perkembangan teknologi, maka pelayanan terhadap masyarakat
dapat lebih ditingkatkan.
Dari latar belakang diatas maka kami tertarik untuk
mengambil Objek penelitian tempat wisata “waterboom kampung toga” yang
beralamat di Jalan Makam cut nyak dien desa sukajaya . Kampung toga merupakan
tempat wisata yang banyak dikunjungi
oleh masyarakat sumedang maupun sekitarnya. Bahkan anak sekolah lebih
banyak yang berkunjung. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan
keluarga, dengan jarak yang dekat dan pemandangan yang sangat indah.
Permasalahan yang terjadi pada objek ini adalah kesuliatan
dalam mendata pengunjung, kesuliatn saat melayani pesanan tiket dan kesulitan
membuat laporan data penjualan serta data pengunjung. Dari permasalahan yang
ada maka kami membuat aplikasi yang
dapat membantu dalam beberapa hal yaitu menginputkan data pengunjung secara
cepat, menghitung penjualan tiket dengan cepat & mudah dan menyimpan data
transaksi yang terjadi.
Adapun harapan yang ingin dicapai yaitu dapat mudahkan
dalam menginput data pelanggan, memudahkan dalam melayani jumlah pesanan tiket
masuk dan memudahkan untuk membuat laporan data pengunjung.
1.2 Identifikasi Masalah
Permasalahan yang
terjadi pada objek ini adalah:
1. Pengolahan
datanya masih manual.
2. Tidak
adanya data pengunjung.
3. Jumlah
pengunjung hanya dapat dilihat dari jumlah tiket yang habis.
4. Penjualan
tiket dihitung secara manual.
5. Pelayanan
kurang maximal apalagi ketika yang berkunjung rombongan anak sekolah.
1.3 Batasan Masalah
Setelah
melakukan penelitian kelokasi, kampung toga memiliki banyak tempat yang bisa
dikunjungi diantaranya tempat makan,
villa, dan lain-lain. Sehingga banyak sekali objek yang dapat dikunjungi. Akan
tetapi dari banyaknya objek wisata kami hanya akan membahas mengenai penjualan tiket masuk
waterboomnya saja.
1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
A. Tujuan
Penelitian
Tujuan
dari penelitian ini adalah dapat membuat aplikasi yang dapat menyimpan data
pengunjung, transaksi penjualan tiket, dan laporan yang terjadi di waterboom kampung
toga.
B. Manfaat
Penelitian
Manfaat
dari penelitian ini adalah :
1. Mempermudah
pihak pengelola waterboom dalam menginput data pengunjung.
2. Meningkatkan
pelayanan terhadap pengunjung.
3. Dapat
mengelola transaksi yang terjadi sehingga dapat diketahui perkembangannya.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Pada penelitian
kali ini kami mengambil judul Aplikasi Tiketing Waterboom Kampung Koga.
2.1 Pengertian Aplikasi
Menurut
sebuah kamus komputer eksekutif aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah
yang menggunakan salah satu teknik pemrosesan data aplikasi yang biasanya terpaku
pada sebuah komputasi yang diinginkan.
Menurut yan
tirtobisono (1999:21) Aplikasi adalah istilah yang digunakan untuk pengguna komputer
untuk dapat memecahkan suatu masalah.
Maka
dapat disimpulkan bahwa aplikasi merupakan suatu perangkat lunak yang berguna untuk mengolah data
dengan memanfaatkan kemampuan komputer.
2.2 Pengertian Tiket
Secara
umum tiket adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang
berisi data yang dapat digunakan untuk menikmati suatu fasilitas yang sudah
dibeli, namun tiket yang dibahas dalam penelitian ini adalah Tiket (tanda masuk)
merupakan kartu atau slip kertas yang digunakan agar dapat memasuki suatu
lokasi atau event.
2.3 Pengertian Waterboom
Secara
umum waterboom meruapakan wisata dilingkungan air dengan menggunakan berbagai
wahana seperti sliding pad (bantalan seluncuran) dan lain-lain.
2.4 Pengertian Kampung Toga
Menurut
sebuah artikel Kampung Toga adalah kawasan wisata terpadu di Kota Sumedang yang
terdiri berbagai macam fasilitas rekreasi dengan suasana pedesaan Jawa Barat
yang cocok sebagai tempat keluarga bersantai dan menghabiskan waktu liburan.
BAB
III
DOKUMENTASI SISTEM
3.1 Class Diagram
Class diagram atau diagram kelas adalah diagram UML yang menggambarkan
kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain
serta masukkan pula atribut dan operasi. Berikut adalah gambar class diagram
untuk aplikasi tiket waterboom.
3.2 Use Case Diagram
Use case diagram ialah model fungsional
sebuah system yang menggunakan actor dan use case. Use case adalah layanan
(services) atau fungsi-fungsi yang disediakan oleh system untuk penggunanya (Henderi
et al, 2008). Use Case adalah suatu pola atau gambaran yang menunjukan prilaku
atau kebiasaan system. Pada use case diagran aplikasi rental ini terdapat 3 aktor yang terlibat
yaitu :
1.
Manager
Dalam sistem ini manager sebagai
pengecek laporan
2.
Admin
Dalam sistem ini admin sebagai pengelola database, melayani
pembelian tiket, membuat laporan setiap pembeli tiket dan mencetak laporan.
3.
Pelanggan
Dalam sistem ini pelanggan hanya memilih tiket yang akan dibeli dan melakukan transaksi.
3.3 Sequence Diagram
Sequence
Diagram menggambarkan kelakuan/prilaku objek pada proses dengan
mendeskripsikann waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan diterima antar
objek. Oleh
karena itu untuk menggambar Sequence Diagram maka harus diketehui objek-objek
yang terlibat dalam sebuah proses beserta metode-metode yang dimiliki kelas
yang diinstansiasi menjadi objek itu.
1.
Admin
Login
2.
Admin
Melayani Konsumen
3. Pembeli Tiket Mendaftar ke admin
4.
Admin
Membuat Laporan
5.
Manager
Mengecek Laporan
3.4 Statechart Diagram
State
chart diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan daur hidup (behavior
pattern) dari sebuah objek, dari awal objek tsb diinisialisasi sampai
di-destroy. Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state
ke state lainnya) suatu obyek pada sistem sebagai akibat dari stimulans yang
diterima.
1. Admin
2. Melayani pelanggan
3. Membuat laporan
4. Pembeli daftar
5. Login manager
6. Cek Laporan
3.5 Activity Diagram
Activity Diagram adalah representasi grafis dari seluruh tahapan kerja yang
mengandung aktivitas, pilihan tindakan, perulangan dan hasil dari aktivitas
tersebut.
1.
Admin
Login
2.
Melayani
Pelanggan
3.
Membuat
laporan
4.
Pelanggan
Daftar
5.
Pilih
tiket
6.
Bayar
Tiket
7.
Manager
login
8.
Manager
cek laporan
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 KESIMPULAN
Setiap
pekerjaan yang dilakukan secara manual akan terasa lama untuk dapat memproses
datanya seperti halnya dalam proses pendataan transaksi di wisata waterboom kampung
toga. Dilihat dari hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya
aplikasi, pekerjaan pendataan-pun dapat berlangsung dengan efektif dan dari
penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa seiring
perkembangan zaman maka kreatifitas kita-pun harus ikut pula berkembang. Dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat
sebaik mungkin.
4.2 SARAN
Saran
yang dapat penulis sampaikan adalah :
1. Pelayanan
kepada masyarakat khususnya pengunjunng kampung toga, harus lebih ditingkatkan
agar pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
2. Dalam
mendata data pelanggan, tiket dan transaksi sebaiknya menggunakan aplikasi agar
data lebih mudah untuk diolah menjadi laporan yang nantinya digunakan untuk
bahan evaluasi.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Tiket
[08-Mei-2015]
http://id.wikipedia.org/wiki/Diagram_kelas[08-Mei-2015]
http://snws-Kampung
Toga Pilihan Wisata Keluarga Anda.htm [13-Mei-2015]
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DOKUMENTASI
APLIKASI
FORM
:
1.
Form
login
2.
Form
Menu Utama
3.
Form
Data Tiket
4.
Form
Data pengunjung
5.
Form
Transaksi
REPORT:
1.
Laporan
Tiket
2.
Laporan
Data Pengunjung
3.
Laporan
Transaksi
Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.