Perkembangan
teknologi yang semakin pesat saat ini mempengaruhi kehidupan kita. Dunia
pendidikan dan dunia kerja merupakan salah satu yang paling banyak memanfaatkan
teknologi dalam hal ini teknologi informasi. Teknologi informasi menyediakan
proses yang cepat, tepat, dan menghasilkan tingkat keakuratan yang lebih. Dalam
lingkungan usaha dan pendidikan, komputer adalah alat bantu yang mutlak
diperlukan sebagai pendukung pemrosesan data dan informasi. Penyediaan
informasi yang cepat dan akurat, sangat
membantu pihak manajemen untuk memimpin suatu perusahaan atau sekolah karena tidak cukup hanya dengan kemampuan dan pikiran saja untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Pengolahan data yang baik akan mempermudah suatu perusahaan atau sekolah dalam pemantapan manajemennya, sebaliknya sistem lama yang masih lambat dan tidak berkualitas tidak akan mampu mendukung kegiatan proses kerja suatu perusahaan atau manajemen sekolah dalam mencapai tujuannya. Pengolahan data yang cepat, tepat, akurat, dan ruang penyimpanan yang besar terhadap data yang baik dapat dinilai dari sistem informasinya. Toko Elektronik adalah salah satu usaha yang menggunakan komputer sebagai media pengatur transaksi penjualan dan laporan keuangan yang lebih akurat, dalam penjualan elektronik sekarang masih menggunakan teknik manual, penggunaan cara terkomputerisasi yang baru dalam hal pengolahan data penjulan elektronik ini, diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik kepada pemilik toko. Proses input dan pembuatan laporan-laporan serta informasi lainnya yang diinginkan menjadi lebih mudah. Berdasarkan permasalahan yang didapatkan tersebut maka, diperlukan suatu pengembangan sistem yang baru. Untuk itu penulis tertarik dengan mengangkat judul yaitu ”Perancangan Aplikasi Penjualan Elektronik”.
membantu pihak manajemen untuk memimpin suatu perusahaan atau sekolah karena tidak cukup hanya dengan kemampuan dan pikiran saja untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Pengolahan data yang baik akan mempermudah suatu perusahaan atau sekolah dalam pemantapan manajemennya, sebaliknya sistem lama yang masih lambat dan tidak berkualitas tidak akan mampu mendukung kegiatan proses kerja suatu perusahaan atau manajemen sekolah dalam mencapai tujuannya. Pengolahan data yang cepat, tepat, akurat, dan ruang penyimpanan yang besar terhadap data yang baik dapat dinilai dari sistem informasinya. Toko Elektronik adalah salah satu usaha yang menggunakan komputer sebagai media pengatur transaksi penjualan dan laporan keuangan yang lebih akurat, dalam penjualan elektronik sekarang masih menggunakan teknik manual, penggunaan cara terkomputerisasi yang baru dalam hal pengolahan data penjulan elektronik ini, diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik kepada pemilik toko. Proses input dan pembuatan laporan-laporan serta informasi lainnya yang diinginkan menjadi lebih mudah. Berdasarkan permasalahan yang didapatkan tersebut maka, diperlukan suatu pengembangan sistem yang baru. Untuk itu penulis tertarik dengan mengangkat judul yaitu ”Perancangan Aplikasi Penjualan Elektronik”.
Identifikasi Masalah Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah
yang ada antara lain :
1. Pengolahan data yang digunakan masih
manual.
2. Kurang efisien penyimpanan data sehingga
mudah sekali kehilangan data.
3. Belum memiliki sistem keamanan yang baik
sehingga data yang dismpan mudah sekali hilang/ dicuri.
4. kurang flexibel pembuatan laporan sehingga
membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat laporan.
Mengingat kemungkinan meluasnya
permasalahan maka peneliti membatasi masalah ini pada : 1. Informasi yang di
kumpulkan dan diolah dalam sistem ini terbatas pada data Merk, Type Dan Harga
handphone. 2. Aplikasi yang digunakan adalah C++.
Aplikasi yang akan dibuat nantinya
dapat menjadi alternatif yang sangat berpengaruh sebagai alat untuk mempermudah
transaksi jual beli dan pembuatan laporan di toko tersebut.
Sistem yang digunakan oleh “APLIKASI
PENJUALAN ELEKTRONIK” dalam pengolahan data masih sangat sederhana yang artinya
masih secara manual. Setiap pelanggan yang akan bertransaksi harus mengisi data
pada formulir pendaftaran dalam bentuk lembaran kertas. Setelah itu admin baru
memasukkan datanya dalam komputer, dimana dalam komputer tersebut masih sangat
sederhana sebagaimana penginputan datanya masih dalam C++. Sehingga dengan
demikian proses pengolahan data semakin lama karena kurang efisien.
1). Borland C/C++ adalah bahasa
pemrograman yang elegan, dan bebas. Misalnya, C/C++ tidak mengharuskan kita
untuk memisahkan satu kalimat dengan kalimat lain dengan carriage return.
Tetapi dengan tanda semicolon(;).
Alasan menggunakan aplikasi Borland C/C++ karena banyak kebebasan
dalam menggunakan bahasa ini dibanding dengan bahasa pemrograman lain misalnya
Visual Basic atau Delphi.
2).
SejarahC++
C++ adalah pengembangan dari bahasa C,yang merupakan pengembangan dari dua bahasa bahasa pemograman generasi sebelumnya, yaitu BCPL dan B.BCPL
dibuat pada tahun 1967 oleh Martin
Richards sebaga ibahasa untuk menulis system operasi dan compiler.
Ken Thompson membuat banyak fitur
pada bahasa yang dibuatnya dan menggunakan Buntuk membua tvers iawal dari
system operasi UNIX die
llLoboratories pada tahun1970 pada computer DECPDP-7.
Bahasa C++ dikembangkan dari
bahasa Boleh Dennis Ritchie
diBellLaboratories dan pada awalnya diimplemntasi
pada computer DECPDP-11 pada Tahun
1972. C ++ menggunakan banyak konsep penting dari BCPL dan Bsekaligus ada tambahan jenis-jenis data
dan fitur lainnya. C++ kemudian dikenal
sebagai bahasa pengembang system operasi UNIX. Pada masa sekarang, kebanyakan system operasi
ditulis dengan menggunakan Cdan/atauC++. C++tersedia untuk hampir semua komputer.
Pada akhir decade 1970an, C++ telah berkembang
dengan menjad isesuatu yang sekarang
disebut “C++ tradisional”, “Cklasik”, atau “CKernighandanRitchie”.
C++ adalah penambahan dari C++, dikembangkan
oleh Bjarne Stroustup pada awa
ldekade 1980an di BellLaboratories. C++memberikan
tambahan fitur yang meningkatkan kekuatan
bahasa C++, dan yang lebih penting lagi, kemampuan untuk pemograman berbasis object (ObjectOrientedProgramming).
C.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan C/C++
·
BahasaC++ tersedia hampir di semua jenis komputer.
·
Kode bahasa
C/C++ sifatnya adalah portable dan
fleksibel untuk semua jenis komputer.
·
Proses executable
program bahasa C/C++ lebih cepat
·
Dukungan pustaka
yang banyak.
·
C adalah bahasa
yang terstruktur.
C++ Sudah mendukung OOP
(Object Oriented Programming).
Kekurangan Bahasa C/C++
·
Banyaknya Operator
serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
·
Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer dan penerapan konsep OOP.
D. Antar muka Program
Kode Program
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main()
{
char kode,tipe[10],x;
int u, jumlahbeli, harga, tharga,cash,kembali;
awal:
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"\n BAGJA ELEKTRONIK "<<endl;
cout<<"\n==========================================="<<endl;
cout<<"1.LAMPU"<<endl;
cout<<"2.HP"<<endl;
cout<<"3.KULKAS"<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Masukan Pilihan Anda:"<<endl;
cin>>u;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<""<<endl;
if (u==1)
{
cout<<"1. PHILIPS"<<endl;
cout<<"2. ELEKTRON"<<endl;
cout<<"3. ELEKTRA"<<endl;
cout<<""<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"1. LED = Rp.30000"<<endl;
cout<<"2. PIJAR = Rp.10000"<<endl;
cout<<"3. NEON = Rp.15000"<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Masukan Jumlah Barang\t:";
cin>>jumlahbeli;
cout<<"Kode Lampu [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case '1':
strcpy (tipe, "LED");
harga=30000;
break;
case '2':
strcpy (tipe, "PIJAR");
harga=10000;
break;
case '3':
strcpy (tipe, "NEON");
harga=15000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto bawah;
}
tharga= jumlahbeli*harga;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"BAGJA ELEKTRONIK"<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe
Barang[L/P/N]\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Harga
Barang\t\t:"<<harga<<endl;
cout<<"Total Bayar\t\t:"<<tharga<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-tharga;
cout<<"Uang
Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
bawah:
}
else
if (u==2)
{
cout<<"1. SAMSUNG"<<endl;
cout<<"2. OPPO"<<endl;
cout<<"3. XIOMI"<<endl;
cout<<""<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"1. GALAXY 7 =
Rp.9000000"<<endl;
cout<<"2. OPPO F1S =
Rp.3500000"<<endl;
cout<<"3. REDMI NOTE 4 =
Rp.1800000"<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Masukan Jumlah Barang\t:";
cin>>jumlahbeli;
cout<<"Kode Hp [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case '1':
strcpy (tipe, "GALAXY 7");
harga=9000000;
break;
case '2':
strcpy (tipe, "OPPO F1S");
harga=3500000;
break;
case '3':
strcpy (tipe, "REDMI NOTE 4");
harga=1800000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto p;
}
tharga= jumlahbeli*harga;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"BAGJA ELEKTRONIK"<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe Barang[1/2/3]\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Harga
Barang\t\t:"<<harga<<endl;
cout<<"Total
Bayar\t\t:"<<tharga<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-tharga;
cout<<"Uang
Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
p:
}
else
if (u==3)
{
cout<<"1. SAMSUNG"<<endl;
cout<<"2. LG"<<endl;
cout<<"3. SHARP"<<endl;
cout<<""<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"1. SATU PINTU =
Rp.1500000"<<endl;
cout<<"2. DUA PINTU =
Rp.4000000"<<endl;
cout<<"3. EMPAT PINTU =
Rp.9000000"<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Masukan Jumlah Barang\t:";
cin>>jumlahbeli;
cout<<"Kode Kulkas [1/2/3]\t:";
cin>>kode;
switch (kode)
{
case '1':
strcpy (tipe, "SATU PINTU");
harga=1500000;
break;
case '2':
strcpy (tipe, "DUA PINTU");
harga=4000000;
break;
case '3':
strcpy (tipe, "EMPAT PINTU");
harga=9000000;
break;
default:
cout<<"SALAH MASUKAN KODE"<<endl;
goto down;
}
tharga= jumlahbeli*harga;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"BAGJA ELEKTRONIK"<<endl;
cout<<"-------------------------------------------"<<endl;
cout<<"Tipe
Barang[1/2/3]\t:"<<tipe<<endl;
cout<<"Harga
Barang\t\t:"<<harga<<endl;
cout<<"Total
Bayar\t\t:"<<tharga<<endl;
cout<<"Uang Bayar\t\t:";
cin>>cash;
kembali=cash-tharga;
cout<<"Uang
Kembali\t\t:"<<kembali<<endl;
down:
}
cout<<" "<<endl;
cout<<"ULANGI LAGI (Y/T) :";
cin>>x;
clrscr();
if(x=='Y' || x=='y')
goto awal;
else
getch();
}
Antarmuka Program
Jenis-jenis Elektronika
Tampilan 1
Gambar2.1 Tampilan 1
Setelah itu contoh misalkan kita input yang ke 1 yaitu lampu,maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini:
Tampilan 2
Gambar 2.2 Tampilan 2
Setelah itu input lagi jumlah barang dan kode barang yang di beli,maka akan menghasilkan output seperti ini:
Tampilan 3
Jika ingin input dan output contoh yang lainnya ikuti langkah langkah seperti di atas.
Pada penggunaan program ini diperlukan panduan
untuk menggunakannya, berikut langkah-langkah untuk menjalankan program
tersebut:
1.
Pada saat muncul 3 menu pilihan yang terdiri dari:
1.LAMPU
2.HANDPHONE
3.KULKAS
Ketik angka “2” Kemudian tekan enter.
2. Pada saat muncul 3 menu pilihan lagi ketik angka “1” kemudian enter.
3. Pada saat muncul 3 menu pilihan , anda ketikan angka “2” juga dan tekan enter.
4. Setelah muncul form yang harus menginputkan
masukan jumlah Handphone yang akan
dipesan lalu tekan enter.
5. kemudian muncul kembali form yang harus
menginputkan “masukan harga” masukanlah harga pasaran Handphone tersebut lalu
tekan enter.
6. kemudian
muncul hasil yang harus dibayarkan .
7. jika setelah selesai dan akan menginputkan
data kembali ketik
“Y”,dan jika tidak ketik “T”.
Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.