Oleh :Hendra Komara-NIM : A2.1110159-TIVB - STMIK SUMEDANG
Analisis Kebutuhan
Analisis Sistem
Pada Tahap pertama penulis mencari kebutuhan dari keseluruhan dari sistem yang akan diaplikasikan kedalam bentuk software. Dengan mempersiapkan beberapa software dalam pembuatan aplikasi ini yaitu Photoshop, Visual Basic 6 dan software lainya tidak lupa 1 buah unit Komputer. Semua ini akan membantu dalam proses pembuatan aplikasi untuk pembelajaran pengenalan huruf untuk siswa paud. Penulis berusaha agar aplikasi yang dibuat tidak memerlukan waktu yang panjang dalam pembuatannya.
Analisis Masalah
Masalah yang terjadi dengan proses belajar mengajar yang sudah digunakan penulis bisa mendapatkan perbedaan antara proses yang sudah ada dengan peroses yang penulis sedang teliti. Adapun masalah yang ditemukan adalah:
- Memperkenalkan Gambar Hewan yang menggunakan buku bergambar.
- Sistem Belajar hanya berpacu pada papan tulis (white board).
Pengumpulan Data
Melakukan Pengumpulan data dengan cara:
- Observasi Melakukan observasi dengan melihat langsung sekolah paud Bina Nusantara di Jalan Pemuda No 38 Desa Naluk Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang pada saat peroses belajar mengajara untuk mendapatkan informasi yang penting dalam melakukan penulisan ini, dan bisa mengumpulkan data untuk merumuskan masalah dari pengumpulan data yang dihasilkan dari observasi.
- Wawancara Melakukan wawancara dengan pemilik paud Bina Nusantara, menanyakan Riwayat sekolah Paud, Penangung Jawab dan pengelolah, Jumlah Guru, Jumlah Siswa, dan visi dan misi.
Prosedur
Siswa Masuk Kelas Untuk Malakukan Proses Belajar ,siswa paud Sebelum Belajar, Siswa Paud berdoa dengan bimbingan guru setelah selesai berdoa Guru Memulai Pelajaran dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan aplikasi pengenalan Huruf Berbasis Multimedia. Di Form Menu Utama, guru mengklik Tombol Click Here start, untuk masuk ke Sub menu aplikasi, lalu guru Ke Menu Belajar Data guru memasukan data guru dari Nama dan No Induk kemudian klik tombol simpan yang nantinya masuk ke database untuk memulai pelajaran klik Start&Play . Begitu pun dengan siswa memasukan data siswa berupa Nama dan No induk difrom belajar Data Siswa. kemudian setelah memasukan data simpan klik tombol simpan masuk ke databases. Kemudian mengklik tombol Start&Play untuk masuk ke Form pengenalan huruf, lalu guru mengklik tombol Huruf Alfabeth A Sampai Z yang nantinya muncul Huruf yang bergerak berikut gambar Hewan, Buah-buahan , dan suara untuk pengucapan Huruf berbahasa inggris. siswa mengikuti pelajaran dan mengikuti apa yang dipaparkan oleh aplikasi tersebut dengan penjelasan guru.
Siswa paud melakukan ujian dengan menggunakan aplikasi tersebut Di Form Menu Evaluasi, Siswa mengklik Tombol Ujian, di From Ujian terdapat gambar-gambar hewan dan gambar buah-buahan secara acak. Kemudian Siswa Menjawab dengan menginput huruf Sesuai dengan nama hewan dan Buah-buhan yang di tampilkan di aplikasi tersebut dengan jawaban huruf bahasa inggris, bila jawaban benar akan mendapatkan skor tinggi, bila jawaban salah akan mendapatkan skor yang rendah. kemudian guru akan mengevaluasi hasil jawaban dan memberika nilai kepada siswa paud.
Entitas Dalam
- Siswa Paud
Siswa Paud Termasuk Entitas Dalam karena melakukan proses belajar yang diajarkan oleh guru.
- Guru
Guru Termasuk Entitas Dalam karena Melakukan aktifatas yang memulai pelajaran, dan sangat berperan penting.
- Komputer dan Aplikasi berbasis Multimedia
Komputer Termasuk Entitas dalam karena komputer berperan penting untuk aplikasi pengenalan huruf untuk siswa paud berbasis multimedia, aplikasi ini tidak akan berguna bila tidak ada komputer.
Entitas Luar
- Orang Tua siswa
Orang tua Siswa Paud masuk Entitas Luar ,walaupun tidak berperan dalam proses belajar mengajar, tapi berperan penting untuk Memberikan motivasi kepada anak.
- Kepala Sekolah Masuk Entitas Luar, walaupun tidak berperan dalam proses belajar mengajar, tapi kepala sekolah paud berperan penting untuk mengelolah sekolah paud.
Selanjutnya membuat Diagram Input Output
|
Table Input Output |
Penjelasan : Diproses Input data siswa, data guru dan matapelajaran masuk ke proses belajar akhirnya akan menghasilkan Output ujian, kemudian Data siswa, data guru, Mata pelajaran dan Ujian akan masuk ke proses Evaluasi dan akan menghasilkan Nilai.
|
Diagram Konteks |
Penjelasan : Diagram Konteks Ini diambil dari table Input, Proses, dan output sebagai gambaran sistem.
|
Diagram DFD |
Penjelasan : Dfd ini menjelaskan alur sistem proses belajar mengajar menggunakan Aplikasi Pengenalan Huruf Untuk Siswa Paud Berbasis Multimedia.
|
Srtuktur Menu |
Sekarang membuat Diagram Use Case, Class, Activity, Statechart dan Sequence, dimana terdapat 2 aktor yang berada pada sistem, pada saat melakukan proses belajar mengajar, langsung saja pada Diagram Pertama.
-Use Case Diagram
|
Diagran use case |
Pada Diagram Use Case pada gambar terdapat 2 aktor yang terlibat yaitu Siswa dan guru , dimana siswa melakukan proses belajar dengan guru, tetapi harus membuat database terlebih dahulu untuk mengakses ujian.
-Selanjutnya membuat Diagram Class
|
Diagram Calss |
Pada diagram class disini menjelaskan dimana guru dan siswa melakukan kegitan, data siswa sudah ada dalam database begitupun guru, kemudian guru dan siswa, berada diform belajar, setelah belajar dikiranya cukup masuk form evaluasi yang terdapat ujian, siswa disuruh menginputkan huruf sesuai gambar yang ditebak, dan akan keluar nilai.
- Selanjutnya membuat Sequence Diagram
DiSequence diagram ini terdapat aksi-aksi dari Siswa paud dan Guru.
|
|
Diagram Sequence Siswa paud |
Pada Diagram Sequence siswa paud ini dimana siswa paud melakukan isi data siswa saja. sebelum ke form ujian.
|
Diagram Sequence Guru |
Pada Diagram Sequence Guru ini dimana guru melakukan isi data siswa saja. sebelum ke form ujian.
|
Diagram Sequence Belajar Siswa |
Pada diagram sequence Belajar, dimana siswa melakukan pembelajaran yang hanya menampilkan huruf dengan mengklik huruf-huruf.
|
Diagram Sequence ujian |
Pada Diagaram Sequence Ujian dimana siswa menjawab soal di form ujian yang sudah tersedia, siswa hanya menginputkan nama hewan sesuai gambar
.
|
Diagram Sequence Nilai |
Pada Diagram Sequence Nilai dimana guru memberikan nilai yang nantinya akan dilihat oleh siswa.
Selanjutnya Diagram Activity
|
Diagram Activty Siswa |
Pada diagram activity Siswa ini melakukan aktivatas melakukan Isi Data saja.
|
Diagaram Activity guru |
Pada diagram Activity Guru, guru paud mengisi data sama halnya yang dilakukan siswa paud.
|
Diagram Activity Belajar |
Pada Diagram activity belajar ini, siswa melakukan pembelajaran dan seperti gambar diatas, siswa menju form belajar.
|
Diagram activity Ujian |
Pada diagram Activity Ujian ini diamana siswa melakukan inputan huruf bila jawab benar akan mendapat Nilai skor yang tinggi, bila salah akan mendapat nilai yang rendah.
|
Diagram Activity Nilai |
Pada diagram activity Nilai, ini dimaksud dimana setelah siswa melakukan ujian akan ada nilai pada, dimana nilai-nilai yang berupa skor akan dievaluasi oleh guru.
|
Diagram Activity Lihat nilai |
Pada diagram ini siswa bisa melihat nilainya sendiri.
Selanjutnya Diagram Statechart
|
Diagram Statechar Siswa |
Pada diagram ini siswa akan masuk pada form database kemudian masuk pada form belajar,ujian dan nilai.
|
Diagram Statechart Guru |
Pada diagram ini Guru akan masuk pada form database kemudian masuk pada form belajar,ujian dan nilai.
|
Diagram Statechart Belajar |
Pada diagram ini siswa dimana memulai belajar dari menu utama.
|
Diagram Statechart Ujian |
Pada diagram ini siswa akan
melakukan ujian dari awal mulai samapai akhir
|
Diagram Statechart Nilai |
Pada diagram ini Guru mengambil nilai ujian dari form evaluasi yang nantinya akan dimasukan pada data siswa, yang akan bisa dilihat oleh siswa.
Sekian Membuat Diagram UML Aplikasi Pengenalan Huruf Untuk Siswa Paud Berbasis Multimedia, semoga bisa bermanfaat.
Silakan tinggalkan komentar anda. DILARANG KERAS menyimpan link blog/web pada komentar dengan tujuan backlink, Spam.